?

Log in

 
 
06 March 2015 @ 10:00 pm
[promo] NS / JLPT July 2015: Assistance in Registration (for Indonesia Only)  
Halo semuanya, lama ngga berjumpaaa :D
Sekarang udah bulan Maret, sebentar lagi pendaftaran NS mau dibukaaaa XD
Mungkin sebagian sudah pada tahu ya NS ini apa, tapi buat beberapa yang belum tau betul, kali ini muti mau bahas sedikit :3

日本語能力試験 (Nihongo Nouryokushiken; NS)
NS merupakan salah satu tes kemampuan bahasa Jepang yang ditujukan untuk mengukur kemampuan berbahasa non-Japanese-native-speaker. Tes ini dikenal juga dengan
Japanese Language Proficiency Test atau JLPT. Kalo disuruh ngejelasin secara singkat, muti sih suka nyebutnya "TOEFL bahasa Jepang" hehe :p

Sebenernya tes kemampuan bahasa Jepang juga ada berbagai macam jenisnya, tapi tes yang diadakan oleh the Japan Foundation dan Japan Educational Exchanges and Services ini merupakan yang paling terkenal dan sudah bertahun-tahun diadakan di berbagai negara.

Untuk apa ikut NS?
Karena diakui secara internasional, sertifikat NS bisa digunakan untuk apply beasiswa sekolah (e.g. Monbukagakusho) atau kerja. Di beberapa kampus di Indonesia juga ada yang menjadikan sertifikat NS level tertentu sebagai syarat untuk kelulusan mahasiswa jurusan Sastra Jepang. Tapi, buat yang sekadar penasaran ama kemampuan bahasa Jepangnya juga boleh banget kok XD Kayak muti nih, ikutan NS awalnya karena penasaran ama kemampuan sendiri. Yah itung-itung sekalian nambahin item di CV juga hehe.

Selain manfaat tersebut di atas, ada juga manfaat lain dari NS yang bisa diintip di sini.

NS itu, tesnya seperti apa sih?
Sejak tahun 2010, terdapat lima level dari NS, dimana N5 merupakan level yang paling dasar dan N1 merupakan level yang paling tinggi. Untuk informasi lengkap terkait level bisa dilihat di sini.

Kalo komen dari muti pribadi sih, kalo level N5 dan N4 masih bahasa jepang yang formal basic (misal, kata kerja bentuk -masu), terus di part listening juga masih lebih slow ngomongnya. Kalo level N3 udah banyak kata kerja bentuk futsuu nya, pake bahasa2 yang sering didenger kalo nonton tv show, baca majalah, dsb. Kalo N2 udah banyak kata2 yang dipake di kantor atau kuliah, misalnya tentang bos meminta stafnya untuk mempersiapkan rapat, dosen memberi tugas kepada siswanya, dsb. Semoga bisa jadi gambaran hehe :3

Secara umum, di setiap level ada dua hal yang diujikan di NS, yaitu (1) Pengetahuan seputar grammar (tata bahasa) dan vocabulary (perbendaharaan kata) dalam bahasa Jepang; dan (2) Kemampuan untuk menerapkan grammar dan vocab tersebut dalam komunikasi. Terdapat tiga elemen yang diujikan dalam NS:

1. Language knowledge. Kemampuan kanji dan penggunaan partikel (wo, de, ni, dsb).
2. Reading. Kemampuan menarik kesimpulan dan menjawab pertanyaan terkait narasi tertentu.
3. Listening. Kemampuan menarik kesimpulan dan menjaab pertanyaan dari percakapan.

Kapan sih NS diadakan? Di mana saja?
NS diadakan secara serentak di beberapa negara 2x setahun, yaitu minggu pertama bulan Juli dan minggu pertama bulan Desember (untuk tahun 2015, NS akan diadakan pada tanggal 5 Juli dan 6 Desember).

Akan tetapi, proses pendaftaran hingga menerima sertifikat memakan waktu cukup lama.
Berikut sedikit gambaran mengenai timeline NS untuk periode Juli:
- Akhir Maret s.d. awal April: Mendaftar lewat institusi yang ditunjuk.
- Awal Juni (H-1 bulan dari tes): Mendapatkan kartu ujian yang telah dicap oleh panitia dan informasi terkait lokasi ujian.
- Awal Juli: Mengikuti NS.
- Akhir Agustus: Pengumuman kelulusan via website http://www.jlpt.jp/e/
- September/Oktober: Mengambil sertifikat di institusi yang ditunjuk.

Di Indonesia, NS diadakan di beberapa kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Padang, Denpasar, dan Manado. TAPI TIDAK SEMUA TEMPAT MENGADAKAN NS DUA KALI DALAM SETAHUN. Berdasarkan list ini, untuk periode Juli NS hanya akan diadakan di Jakarta, Surabaya, dan Bali (silakan klik link sebelum ini untuk melihat daftar institusi yang ditunjuk).

Nah, muti yakin di sini muncul pertanyaan..
Gimana kalo saya mau ikut tapi ngga bisa daftar?

Pengalaman temen2 muti dulu nih, banyak yang berpikir "Sebenernya sih pengen ikut... Pas bulan Juli bisa ke Jakarta... Tapi ngga bisa daftar..." Terutama buat yang tinggal di luar Jakarta. Sedangkan kalo nunggu ujian yang bulan Desember doang jadi kelamaan... Apalagi buat temen yang sasjep dan ngejer sertifikat, deg-degan juga kan kalo ujiannya cuma bisa sekali setahun. Ada juga temen2 yang tinggalnya di Jakarta, tapi ngga sempet daftar karena jauh dari rumah atau ngga bisa ninggalin kantor pas jam kerja untuk daftar.

Buat temen2 yang mengalami hal seperti itu, sekarang ngga perlu khawatir!!! Muti ada di sini untuk membantu! XD

Temen2 cukup mengisi data diri, kirim softcopy pasphoto, serta membayar uang pendaftaran, lalu muti akan membantu mulai dari urusan pembelian formulir sampai sertifikat sampai di tangan temen2 :D

Berikut biaya pendaftaran untuk tiap level:
N1: Rp200.000,-
N2: Rp165.000,-
N3: Rp145.000,-
N4: Rp120.000,-
N5: Rp110.000,-

Biaya pendaftaran tersebut meliputi biaya formulir dan tes*, biaya percetakan pasphoto. Belum termasuk ongkir kartu ujian dan sertifikat dari Jakarta ke rumahmu dan lain-lain.
*) Biaya tes di atas menyesuaikan harga formulir NS per Desember 2014.

Ada promo juga nih, buat temen2 yang daftar secara kolektif, bakal dapet free ongkir kartu ujian dan sertifikat, dengan syarat kartu dan sertifikat akan dikirimkan secara kolektif juga ke satu alamat yang sama :D

Kalau temen2 tertarik, silakan mengisi form dibawah ini. Untuk info lebih lanjut boleh komen di lj ini atau e-mail ke meutia.nandaa@gmail.com. Pendaftaran akan dibuka hingga 2 April 2015. Setelah mengisi form, temen2 akan menerima e-mail berisi detail dokumen serta pembayaran biaya ujian.



PENTING!
Muti hanya membantu melakukan proses pendaftaran hingga pengambilan sertifikat. Muti tidak bertanggungjawab terkait:
- kesalahan penulisan nama, tanggal lahir, dsb pada saat mengisi formulir di atas dan saat mengerjakan NS;
- keterlambatan pengiriman kartu ujian atau sertifikat yang disebabkan oleh panitia NS;
- transportasi temen2 dari rumah ke tempat ujian;
- kartu ujian yang hilang akibat kesalahan temen2 (kartu ujian diperlukan untuk pengambilan sertifikat, sehingga harus disimpan dan dikirimkan kembali ke muti setelah ujian).

Kalo boleh cerita sedikit tentang pengalaman muti...
Pertama kali ikut NS pada Desember 2009 di Bandung. Waktu itu ikut level 4-kyu (sama dengan level N5 saat ini). Setelah itu setiap tahun muti ikutan NS di Jakarta (hampir tiap periode malah :p). Alhamdulillah Juli 2013 kemarin lulus level N2. Sekarang lagi berjuang keras untuk N1 nih, Desember kemarin ikutan tapi belum lulus (> <)

Kalau pengalaman bantu2 pendaftaran dimulai dari Juli 2013. Waktu itu bantu sekitar 30 orang temen2 dari Unit Kebudayaan Jepang (UKJ) ITB, Sastra Jepang Universitas Brawijaya, sama Sensei yang ngajar di Bandung. Di periode Juli 2014, semakin banyak temen2 yang daftar, ngga cuma dari UKJ ITB tapi juga temen2 dari NBC Bandung :) (Terimakasih banyak buat fafa_sama yang banyak bantu mengkoordinir pendaftaran buat temen2 yang dari Bandung :3). Untuk periode Desember 2014, yang daftar bareng memang lebih sedikit (karena tesnya diadakan di banyak kota), tapi muti tetep buka pendaftaran buat temen2 di Jakarta yang ngga sempet untuk daftar. Jadi kalo ada yang masih ragu apakah daftar sama muti aman atau ngga, boleh ditanya2 ke kenalannya dulu hihi :3

Dari penjelasan dan sharing di atas, muti harap bisa jadi gambaran dan bahan pertimbangan buat temen2 yang mau ikutan daftar NS ya :)
Ngga cuma buat temen2 yang mau daftar lewat muti, temen2 yang ada rencana untuk mendaftar langsung ke institusi yang ditunjuk tapi masih bingung, muti bersedia kok untuk ditanya2i hehe.

Informasi lainnya bisa juga ditemukan di website resmi NS: http://www.jlpt.jp/e/

Terimakasih sudah membaca sampai akhir! XD
Tags: